Menurut Henry Chang (1996) dalam bukunya longevity Through The Organic Lifestyle, bagi mereka yang ingin tetap sehat dan bugar sampai lansia,minimal harus melaksanakan kebiasaan atau gaya hidup sehat (organic lifestyle) secara tekun dan berkelanjutan sejak usia muda.

1. Back to nature atau kembali ke alam, dengan melakukan kegiatan dan tindakan yang memperhatikan keseimbangan dan keharmonisan dengan lingkungan hidup(fisik,alam,dan sosial). Misalnya, menghindari segenap kegiatan dan tindakan yang dapat meracuni dan merusak lingkungan hidup.
lingkungan yang tercemar justru akan mempercepatproses kiamat, minimal membuat manusia sakit-sakitan dan menderita, sehingga sisa umurnya tidak dapat dinikmati.
2. Minum air dalam jumlah yang cukup sekitar 6-8 gelas per hari karena air merupakan sumber kehidupan dan zat gizi utama. Sekitar 65 persen tubuh kita terdiri dari air, sehingga sedikit saja kekurangan pasokan air dampaknya sangat serius terhadap penampilan dan kesehatan tubuh.
air yang diminum tentu harus memenuhi syarat kualitas air minum dan kesehatan (permenkes no.416 tahun 1990). Sebaiknyaair tersebut dimasak lebih dulu sebelum diminum.
3. Berjemur di bawah sinar matahari pagi (06.00-09.00) selama beberapa menit dan menghirup udara segar pagi hari sebanyak-banyaknya. Selain air, sinar matahari dan udara bersih juga unsur utama kehidupan kita. Namun hendaknya kita menghindari terik matahari pada waktu siang hari (10.00-15.00).
Sebab hal itu dapat merusak kulit, mata , rambut, dan lainnya yang mengakibatkan penuaan dini.
4. Kebiasaan ketiga itu harus disertai dengan kebiasaan keempat,yaitu olahraga. Minimal jogging atau senam pagi. Jenis olahraga yang dilakukan hendaknya disesuaikan dengan keadaan fisiologis, dilaksanakan secara teratur dan terukur agar manfaatnyapada kesehatan fisik dan mental lebih bermakna. Bisa juga ikut dalam program olahraga ditempat-tempat kebugaran.
5. Berupaya mengarahkan emosi yang mengebu kepada hal positif dan menendalikan stress kepada hal yang bermanfaat.Emosi dan stres yang positif diperlukan untuk menggairahkan semangat hidup dalam meraih cita-cita,kemajuan,dan kesuksesan hidup.
6. Sediakan waktu untuk refresing dan upayakan tidur berkualitas.Misalnya, setelah jenuh bekerja2-5 jam,istirahatlah sejenak. Pejamkan mata,tenangkan pikiran dan buatlah tubuh menjadi rileks. Hal itu akan membuat tubuh kita segar lahir batin dan membangkitkan lagi semangat baru.Tidur berkualitas adalah tidur yang nyenyak meskipun hanya 2-4 jam atau beberapa menit.Ibarat mengisi batery yang sudah mulai lemah,tidur berkualitas tersebut akan membuat fisik,perasaan dan otak lebih segar. Orang yang kurang tidur (berkualitas) akan mengalami pikiran kacau dan terganggu,pusing,sakit kepala,serta hidupnya uring-uringan.
7. Menghentikan/ menghindari merokok (aktif/pasif)., berhenti minumminuman beralkohol dan obat-obatanpsikotropika atau obat terlarang lainnya. semua itu dapat merusak kesehatan dan mempercepat proses menjadi pikun dan sakit-sakitan.
8. Membina hubungan vertikal(ibadah kepada Tuhan YME) dan hubungan horisontal (hubungan sosial dengan sesama dan lingkungan) secara baik,yaitu taat dan tekun melaksanakanibadah dan doa kepada Tuhan YME agar dianugrahi umur yang penuh berkah.Memperbanyak sahabat dan membina hubungan silaturahim karena hal itu akan membuat hidup tidak kesepian. (senior)